Pasar Rakyat Grobogan, Upaya Pemkab Promosikan Produk Lokal Unggulan

Bupati Grobogan, Sri Sumarni saat menghadiri Pasar Rakyat Grobogan tahun 2020. (Foto: Pemkab Grobogan)

Brambangan, Purwodadi- Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Grobogan terus berupaya memasarkan produk lokal unggulan. Upaya ini salah satunya diwujudkan dengan adanya Pasar Rakyat Grobogan sekaligus memeriahkan kegiatan HUT ke-294 Grobogan.

Pasar Rakyat berlangsung Jumat (13-15/3/2020), dan dihadiri langsung oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Menurut Sri Sumarni, Pasar Rakyat Grobogan ini merupakan ajang untuk mempromosikan dan memamerkan produk unggulan Kabupaten Grobogan.

Selain itu, pasar ini juga ajang menampilkan karya inovatif dan kreatif dari Industri Kecil dan Menengah serta Usaha Kecil dan Menengah (IKM/UKM ) dan sekolah-sekolah di Kabupaten Grobogan.

“Pedagang Kaki Lima juga difasilitasi untuk ikut serta memeriahkan acara ini. Dengan acara ini masyarakat luas pada umumnya dan calon pembeli baik dari dalam maupun luar Kabupaten Grobogan dapat melihat, mengapresiasi dan selanjutnya akan membeli produk-produk unggulan tersebut,” ujar Sri Sumarni.

Tema yang diangkat dalam gelaran pasar rakyat tahun 2020 ini ialah Tingkatkan Eksistensi Produk dan Kearifan Lokal Unggulan Kabupaten Grobogan. Beberapa peserta yang meramaikan pasar ini antara lain dinas/ instansi dan para pelaku usaha di Kabupaten Grobogan.

Wahana Promoso Produk Lokal

Keberadaan pasar rakyat menurut bupati merupakan wahana untuk promosi. Hal ini dilakukan untuk kemajuan Kabuapaten Grobogan di banyak sektor.

“Kegiatan ini merupakan wahana untuk mempromosikan kemajuan Kabupaten Grobogan dari sektor infrastruktur, ekonomi, budaya, kesehatan, pariwisata, industri dan sektor lainnya,” jelasnya.

Bupati menghimbau kepada pelaku usaha lainnya untuk terus melakukan inovasi dan kreatifitas. Sehingga dapat memberikan daya tarik bagi investor atau pemilik modal.

“Diharapkan, para investor ini dapat mengembangkan usahanya di Kabupaten Grobogan,” tambahnya.

Pihaknya menjelaskan, banyak masyarakat dan pelaku usaha baik di Kabupaten dan luar Kabupaten Grobogan yang mengapresiasi perkembangan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Grobogan. Termasuk pembangunan di sektor pertanian. Selain, terjalinnya interaksi pedagang dengan pembeli, Bupati mengharapkan event ini juga menjadi wadah/tempat interaksi sosial antar masyarakat.

“Harapan saya kepada peserta Pasar Rakyat Grobogan ini agar dalam melayani konsumen harus selalu memberikan pelayanan yang prima seperti dengan senyuman, menjelaskan secara jelas produknya, melayani dengan ramah, memberikan harga yang terjangkau/ tidak menaikkan harga di luar kewajaran, penampilan produk yang menarik dan pelayanan lainnya, sehingga konsumen puas dan akan mempromosikan produk pelaku usaha dengan nilai-nilai yang positif,” pungkasnya.